RSS

EKONOMI MIKRO

A.PENGERTIAN EKONOMI MIKRO
            Ekonomi mikro adalah cabang ilmu ekonomi yang menganalisis bagian-bagian kecil dari keseluruhan kegiatan ekonomi masyarakat. Ekonomi mikro merupakan pembahasan konsep dasar ilmu ekonomi, yang mencakup aspek mikro, seperti ; analisis dasar permintaan dan penawaran, perilaku produsen dan konsumen serta teori produksi.
a.Permintaan barang dan jasa (demand & supply )
Permintaan (Dx) menunjukkan kebutuhan kita akan barang dan jasa. Permintaan adalah jumlah barang atau jasa akan dimiliki seseorang pada saat harga, dan waktu tertentu.
Penawaran (Sx) adalah jumlah barang yang akan ditawarkan atau dijual pada saat harga tertentu dan waktu tertentu.
b.Teori prilaku konsumen
            1. nilai guna total
            2. nilai guna marginal
            3. nilai guna total dan marginal yang semakin menurun
            4. nilai guna yang sama
c.Teori produksi
            teori produksi adalah teori yang menjelaskan hubungan antara tingkat produksi dengan jumlah factor-faktor produksi dengan hasil out putnya. Dalam teori ini terdapat tiga konsep utama, yaitu;
1.produk total
2.produk rata-rata
3.produk marginal
d.Pasar menurut strukturnya
1.pasar persaingan sempurna
            Adalah pasar yang terdapat banyak pembeli dan penjual dimana msing-masing pihak bebas untuk keluar masuk pasr, dan barang yang diperdagangkan bersifat homogen dengan besar kecilnya harga ditentukan oelh mekanisme tawar menawar atau pasar.
2.pasar persaingan tidak sempurna
            Adalah pasar yang penjual dan pembelinya tidak sebanding atau tidak seimbang, bisa hanya satu orang atau beberapa penjual, atau hanya satu atau beberapa pembeli yang menguasai pasar dengan barang yang diperdagangkannya pun sama walau kadang-kadang berbeda corak.

Sumber buku ; ilmu ekonomi ,
Penulis ; muhammad rusdi, dan syukron

1 komentar:

Younnie blog's mengatakan...

kebanyakan permintaan dan penawaran menggunakan teori ekonomi mikro untuk menganalisis bagian-bagian kecil dari keseluruhan kegiatan agar dapat mudah difahami.

Posting Komentar