RSS

PERMINTAAN DAN PEMAWARAN


A.PERMINTAAN
1.PENGERTIAN PERMINTAAN
            Permintaan atau yang dilambangkan dengan Dx (demand) menunjukkan kebutuhan kita akan barang dan jasa. Tentu semua permintaan dilakukan atau akan terpenuhi apabila didukung dengan sumber daya yang ada. Kerena semua yang diminta adalah diperoleh dengan pengorbanan. Pengorbanan yang dikeluarkan biasanya diukur dengan satuan uang. Artinya sebagai ganti kita meminta sesuatu maka kita harus mengeluarkan sejumlah uang. Maka dapat disimpulkan bahwa permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang akan diminta/dimiliki oleh seseorang pada saat harga, dan waktu tertentu.
2.FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN BARANG DAN JASA
v  Harga barang itu sendiri (price)
v  Tingkat pendapatan (income)
v  Selera masyarakat (tasted)
v  Kualitas barang (quality)
v  Harga barang lain (substitution or complementer effect)
v  Jumlah penduduk (population)
v  Harapan dimasa mendatang (ekspektasi)
3.MACAM-MACAM PERMINTAAN
v  Berdasarkan daya beli
ü  Permintaan absolute ; permintaan yang tidak didukung dengan daya beli.
ü  Permintaan potensial ; permintaan yang didukung dengan daya beli, tetapi belum dilaksanakan atau bertransaksi.
ü  Permintaan efektif ; permintaan yang didukung dengan daya beli dan sudah dilaksanakan.
v  Berdasarkan pemakai
ü  Permintaan individu ; permintaan terhadap sejumlah barang di pasar pada waktu tertentu dan harga tertentu yang dilakukan oleh satu orang.
ü  Permintaan kolektif ; permintaan terhadap sejumlah barang di pasar pada saat waktu tertentu dan harga tertentu yang dilakukan sekelompok orang atau secara bersama-sama.
4,HUKUM PERMINTAAN
            Pada dasarnya hukum permintaan adalah berbanding terbalik dengan harga dengan syarat ceteris paribus. Hukum permintaan menyatakan hubungan antara harga barang dengan jumlah barang yang diminta. Artinya apabila satu sisi mengalami kenaikan, maka sisi yang lain akan mengalami penurunan. Sebaliknya apabila satu sisi mengalami penurunan, maka sisi yang lain akan mengalami kenaikan.
            Hokum permintaan berlaku dengan syarat careris paribus, yaitu dimana keadaan perekonomian diluar objek yang diselidiki adalah tetap. Dengan kata lain hokum permintaan berlaku apabila factor-faktor yang lain tetap tidak berubah.
            Konsep hokum permintaan dikemukakan oleh Alfred Marshal bahwa adanya hubungan terbalik antara harga dan permintaan, yaitu “Apabila harga suatu barang naik, maka permintaan barang tersebut akan turun. Jika harga suatu barang turun, maka permintaan barang tersebut akan naik”

B.PENAWARAN
1.PENGERTIAN PENAWARAN
            Penawaran atau supply (Sx) adalah jumlah barang yang akan ditawarkan atau dijual pada saat harga tertentu dan waktu tertentu.
2.FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENAWARAN
v  Ongkos produksi (production cost)
v  Pengaruh teknologi
v  Harga barang
v  Tujuan mendapatkan keuntungan/laba
v  Kebutuhan akan uang tunai
v  Tujuan-tujuan tertentu
3.MACAM-MACAM PENAWARAN
Penawaran dapat digolongkan menjadi dua macam,yaitu ;
v  Penawaran individu ; penawaran akan suatu barang oleh satu orang penjual atau perusahaan atau produsen.
v  Penawaran kolektif ; penawaran akan suatu barang oleh beberapa penjual atau semua produsen yang ada di pasar.
4.HUKUM PENAWARAN
            Hukum penawaran juga berlaku dengan syarat ceteris paribus. Hukum penawaran menerangkan hubungan antara penawaran barang dan jasa dengan tingkat harga. Hukum penawaran yang berbanding lurus antara harga dengan penawaran, mengasumsikan bahwa apabila satu sisi mengalami kenaikan maka sisi lain juga akan mengalami kenaikan. Sebaliknya apabila pada satu sisi mengalami penurunan maka yang lain juga akan mengalami penurunan. Seperti yang dikemukakan Alfred Marshal Apabila harga suatu barang naik, maka penawaran barang tersebut bertambah. Apabila harga suatu barang turun, maka penawaran barang tersebut berkurang”. Maka kecendrungan kurva penawaran adalah berlereng positif, yaitu dari kiri bawah ke kanan atas.
                                    Sumber buku ; ilmu ekonomi
                                    Penulis ; Muhammad rusdi, dan syukron

1 komentar:

Younnie blog's mengatakan...

permintaan dan penawaran sama-sama menggunakan syarat ceteris paribus.Jadi mereka hampir memiliki kesamaan satu sama lain yaitu sama-sama tentang tingkat bunga.

Posting Komentar